Bagian dari Dynamo Genset dan cara kerjanya

Untuk generator dinamo untuk menghasilkan listrik, perubahan fluks magnet harus terjadi. Perubahan fluks magnet ini dapat dicapai dengan menggerakkan magnet pada satu koil (atau sebaliknya) menggunakan energi dari sumber lain. Misalnya, angin atau air yang memutar baling-baling turbin sehingga magnet bisa bergerak.

Ketika sebuah konduktor bergerak dengan memotong medan magnet, perbedaan tegangan dibuat di ujung konduktor. Kemudian tegangan meningkat ketika mendekati medan dan bergerak ketika tegangan berkurang untuk menghasilkan arus listrik dalam siklus positif nol negatif nol (CA). Tegangan negatif dari generator DC membalikkan arah aliran dengan menggunakan sistem split-ring, sehingga arus listrik muncul dalam siklus antara positif dan positif nol (DC).

Cara kerja Dynamo Genset

Generator adalah mesin yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan induksi elektromagnetik. Energi mekanik dalam mesin ini diperoleh dari penggerak utama. Alternator juga biasa disebut sebagai alternator. Generator biasanya dirancang untuk menghasilkan daya, menjadikannya prioritas untuk memberi makan.

Sementara generator adalah bagian dari generator, instrumen ini memiliki sistem generator listrik yang terdiri dari panel berbagi energi yang menggunakan energi matahari (opsional). jual genset murah adalah roda penggerak, yang diposisikan pada posisi khusus. Generator biasanya digunakan sebagai cadangan daya atau sumber daya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna (di luar jaringan). Generator biasanya digunakan sebagai cadangan daya di perusahaan industri, rumah sakit, atau tempat umum yang membutuhkan daya berkapasitas tinggi yang relatif stabil.

Dinamo listrik dengan regulator tegangan otomatis (AVR)

Generator dengan AVR beroperasi 10 detik setelah dinyalakan dan setelah 10 detik arus yang tersimpan dinyalakan di dinamo alternator, sehingga lampu-lampu menyala lagi. Sistem operasi generator dengan catu daya setelah kegagalan daya 20 detik didukung oleh regulator tegangan otomatis (AVR).

Dalam AVR, terdapat Mutual Reactor (MT), sejenis transformator arus transformator (CT), yang mampu menghasilkan arus listrik berdasarkan jumlah arus beban yang mengalir melaluinya (diatur secara seri). Selanjutnya, arus listrik yang dihasilkan digunakan untuk meningkatkan kekuatan medan magnet pada belitan rotor. Bahkan untuk beban besar, bahkan listrik yang dihasilkan pun lebih besar.

Harap dicatat bahwa AVR ini tidak dapat bekerja sendiri untuk memastikan stabilitas AVR pada generator. Untuk mendukung kinerja generator AVR, ia juga dilengkapi dengan regulator sistem untuk menjaga torsi (RPM) stabil. Oleh karena itu, frekuensi rotasi yang stabil dapat dihasilkan ketika tidak ada biaya atau tanpa beban. Ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan pasokan diesel atau bahan bakar lain dengan generator alternator ini.

Ketika daya dihidupkan kembali, Automatic Transfer Switch (ATS) secara otomatis mengalihkan catu daya dari dinamo generator ke PLN. Mekanisme transmisi ini dilakukan tanpa harus mematikan lampu, agar tidak mempengaruhi kenyamanan konsumen. Generator secara otomatis mati dalam 5 detik.

Meskipun generator dinamo sering disebut sebagai kebutuhan untuk bahan bakar yang cukup, keberadaannya dapat menjadi solusi jika terjadi kegagalan daya. Ini tentu bermanfaat, terutama bagi Anda yang bekerja dengan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *